PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 05 LUBUKLINGGAU

Authors

  • Sofia Oktaviani Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau
  • Heru Prasetyo Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau
  • Muhammad Ikrom Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau

Keywords:

Metode, Inquiry, IPS

Abstract

Penelitian merupakan suatu tindakan kelas yang dimana dilakukan oleh peneliti guna untuk mendapatkan hasil sesuai dengan realita. Dimana di dalam penelitian ini yang terdiri dari beberapa aspek tindakan yang pengamatan utamanya yaitu peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan inquiry.  Metode inquiry sendiri adalah kegiatan pembelajaran yang menekankan pada rasa ingin tahu dari siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis apa yang akan dipelajari. Tujuan dengan menggunakan metode ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SD Negeri 5 Lubuklinggau. Penelitian ini melibatkan 14 siswa dan 1 wali kelas yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 6 perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Melalui penelitian ini maka dapat disimpulkan dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS khususnya di kelas 5 SD Negeri 5 Lubuklinggau.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Oktaviani , S. ., Prasetyo, H. ., & Ikrom, M. (2023). PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 05 LUBUKLINGGAU. IBTIDAIYAH: Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 7-11. Retrieved from http://e-journal.uin-al-azhaar.ac.id/index.php/ibtidaiyah/article/view/642
Abstract Views: 56 | File Views: 32