http://e-journal.uin-al-azhaar.ac.id/index.php/ibtidaiyah/issue/feed IBTIDAIYAH: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Dasar Islam 2023-12-22T03:02:09+07:00 Redaksi Ibtidaiyah ibtidaiyah@iai-al-azhaar.ac.id Open Journal Systems <div class="deskripsi"> <ol> <li>Journal Title: <a href="https://e-journal.iai-al-azhaar.ac.id/index.php/ibtidaiyah">IBTIDAIYAH: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Dasar Islam</a></li> <li>Initials: IBTIDAIYAH</li> <li>Frequency: -</li> <li>Online ISSN: -</li> <li>Print ISSN: -</li> <li>Editor in Chief: -</li> <li>DOI: -</li> <li>Publisher: Islam Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau</li> </ol> </div> <p>Jurnal pendidikan dasar islam adalah jurnal ilmiah yang berfokus pada studi kritis tentang pendidikan dasar yang bertujuan untuk mengkomunikasikan hasil penelitian para professor, guru, praktisi dan ilmuwan di bidang pendidikan dasar meliputi bidang pengajaran dasar di SD/MI, sains terapan dan kajian analitis-kritis di bidang pendidikan dasar. Jurnal ini diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Al-Azhaar Lubuklinggau. Target pembaca jurnal adalah dosen, mahasiswa, guru dan praktisi pendidikan dasar.</p> http://e-journal.uin-al-azhaar.ac.id/index.php/ibtidaiyah/article/view/641 PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI NASIONALISME BUDAYA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH BUSTANUL ULUM 05 MOJOMULYO KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2020/2021 2023-12-21T06:48:22+07:00 Sinta Bella bsinta561@gmail.com Nabila Joti Larasati jotinabila32@gmail.com Zulkifli Lessy zulkipli.lessy@uin-suka.ac.id <p><em>The impact of globalization has actually eroded the values ​​of nationalism including regional arts and regional languages ​​in basic education, this has been proven both theoretically and empirically. MI bustanul Ulum 05 as one of the basic educational institutions affected by globalization is trying to fortify negative culture from outside and preserve positive culture from within the country, especially regional languages ​​and regional arts. The form of this effort is contained in optimizing the role of the teacher both in informatory, motivator and facilitator ways.</em></p> <p><em>The focus of this research is 1). What is the teacher's role in giving students an understanding of regional languages ​​and regional arts at Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum 05 Mojomulyo for the 2020/2021 Academic Year? 2). What is the role of the teacher in fostering a sense of love and enthusiasm for students in maintaining regional languages ​​and regional arts at Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum 05 Mojomulyo for the 2020/2021 academic year? 3). What is the teacher's role in facilitating students so that they can preserve regional languages ​​and regional arts at Madrasah Ibtidaiyah for the 2020/2021 Academic Year?</em></p> <p><em>This research uses a qualitative approach with the type of research is a field study. Determination of research subjects using purposive sampling. Methods of data collection using observation, interviews, and documentation. Analysis of research data using the Miles and Huberman model. While testing the validity of the data using data triangulation techniques and source triangulation.</em></p> <p><em>The conclusions from the research findings at Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum 05 Mojomulyo for the 2020/2021 Academic Year are: 1) The teacher gives a role in students' understanding of regional languages ​​and regional arts. 2) The role of the teacher fosters students' love and enthusiasm for regional languages ​​and regional arts. 3) the teacher facilitates students so that they can preserve regional languages ​​and regional arts.</em></p> <p><em>Dampak globalisasi memanglah secara nyata mengikis nilai-nilai Nasionalisme termasuk seni daerah dan bahasa daerah pada pendidikan dasar, hal ini dibuktikan baik secara teoritis maupun empiris. MI bustanul Ulum 05 sebagai salah satu lembaga pendidikan dasar yang terdampak globalisasi sedang berupaya untuk membentengi budaya negative dari luar dan melestarikan budaya positif dari dalam negeri khususnya bahasa daerah dan seni daerah. Bentuk upaya tersebut tertuang dalam mengoptimalkan peran guru baik secara informatory, motivator dan fasilitator.</em></p> <p><em>Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana Peran guru dalam memberikan pemahaman siswa terhadap bahasa daerah dan seni daerah di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum 05 Mojomulyo Tahun Pelajaran 2020/2021?. 2). Bagaimana Peran Guru dalam menumbuhkan rasa cinta dan semangat siswa dalam Menjaga Bahasa Daerah dan Seni Daerah di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum 05 Mojomulyo Tahun Pelajaran 2020/2021?. 3). Bagaimana peran guru dalam menfasilitasi siswa agar dapat melestarikan bahasa daerah dan seni daerah di Madrasah Ibtidaiyah Tahun Pelajaran 2020/2021?</em></p> <p><em>Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah study lapangan. Penentuan subjek penelitian menggunakan purpose sampling. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Analisa data penelitian menggunakan model Miles and Huberman. Sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan teknik trianggulasi data dan triangualasi sumber.</em></p> <p><em>Kesimpulan hasil temuan penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum 05 Mojomulyo Tahun Pelajaran 2020/2021 adalah: 1) Guru memberikan Peran dalam pemahaman siswa terhadap bahasa daerah dan seni daerah. 2) Peran guru menumbuhkan rasa cinta dan semangat siswa terhadap bahasa daerah dan seni daerah. 3) guru menfasilitasi siswa agar dapat melestarikan bahasa daerah dan seni daerah. </em></p> 2023-12-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Ibtidaiyah http://e-journal.uin-al-azhaar.ac.id/index.php/ibtidaiyah/article/view/642 PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 05 LUBUKLINGGAU 2023-12-21T06:55:24+07:00 Sofia Oktaviani sofiaokta20@g.mail.com Heru Prasetyo heru@iai-al-azhaar.ac.id Muhammad Ikrom ikromjambu98@gmail.com <p><em>Penelitian merupakan suatu tindakan kelas yang dimana dilakukan oleh peneliti guna untuk mendapatkan hasil sesuai dengan realita. Dimana di dalam penelitian ini yang terdiri dari beberapa aspek tindakan yang pengamatan utamanya yaitu peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan inquiry.&nbsp; Metode inquiry sendiri adalah kegiatan pembelajaran yang menekankan pada rasa ingin tahu dari siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis apa yang akan dipelajari. Tujuan dengan menggunakan metode ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SD Negeri 5 Lubuklinggau. Penelitian ini melibatkan 14 siswa dan 1 wali kelas yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 6 perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Melalui penelitian ini maka dapat disimpulkan dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS khususnya di kelas 5 SD Negeri 5 Lubuklinggau. </em></p> 2023-12-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Ibtidaiyah