PENERAPAN PERMAINAN KUDA GOYANG UNTUK MELATIH MOTORIK ANAK TK SATU ATAP SD NEGERI 11 TEBING TINGGI KABUPATEN EMPAT LAWANG

Authors

  • Rini Sulistyowati Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau
  • Dewi Feskariani Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.53888/tazkirah.v7i1.493

Keywords:

Penerapan Permainan Kuda Goyang, Perkembangan Motorik Kasar Anak

Abstract

Kuda goyang adalah mainan anak-anak berbentuk seperti seekor kuda dan di kakinya terdapat ayunan yang mirip dengan kursi goyang. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui "Penerapan Permainan Kuda Goyang Untuk Melatih Motorik Kasar Anak TK Satu Atap SD Negeri 11 Tebing Tinggi Empat Lawang”. Pertanyaan utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah "Bagaimana Penerapan Permainan Kuda Goyang Untuk Melatih Motorik Kasar Anak TK Satu Atap SD Negeri 11 Tebing Tinggi Empat Lawang?”. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tehnik triangulasi (gabungan) yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, wali kelas dan orang tua siswa. Hasil penelitian mengikuti konsep yang diberikan Miles dan Huberman. Bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus pada tiap tahapan penelitian sehingga sampai tuntas yang diawali dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan motorik kasar Anak TK Satu Atap SD Negeri 11 Tebing Tinggi Empat Lawang dari hasil penerapan Permainan Kuda Goyang. Ini berarti semakin sering anak melakukan permainan Kuda Goyang, maka akan semakin meningkat kemampuan motorik kasar anak.

 

Downloads

Published

2025-02-14

How to Cite

Sulistyowati, R. ., & Feskariani, D. (2025). PENERAPAN PERMAINAN KUDA GOYANG UNTUK MELATIH MOTORIK ANAK TK SATU ATAP SD NEGERI 11 TEBING TINGGI KABUPATEN EMPAT LAWANG. TAZKIRAH, 5(1), 40-53. https://doi.org/10.53888/tazkirah.v7i1.493
Abstract Views: 113 | File Views: 16