MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN DRILL DI KELAS I SD NEGERI KALIBENING
DOI:
https://doi.org/10.53888/tazkirah.v1i1.736Keywords:
Hasil Belajar, Drill.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi
Bilanganmelalui model pembelajaran Drill dikelas ISD Negeri Kalibening.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Kalibening. Waktu
penelitian di laksanakan pada bulan Agustus 2016. Metode pada penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk kolaboratif yang melibatkan
peneliti dan teman sejawat. Dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yang
masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Teknik pengumpulan data digunakan tes dan observasi. Pendekatan yang
dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan
rancangan penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan
cara observasi, dan tes kepada objek penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan
nilai rata- rata siswa 63,55 untuk siklus I meningkat menjadi 75,45 pada siklus II.
Ini berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 11,9. Dan dilihat
dari ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I
sebesar 60% menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan keterangan di atas maka
dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui model pembelajaran
Drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bilangandi kelas I SD
Negeri Kalibening Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas tahun
pelajaran 2016/2017
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Tazkirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

