IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DI WILAYAH INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 1 MEGANG SAKTI

Authors

  • R. Sudarsih Kepala SD Negeri 1 Megang Sakti

DOI:

https://doi.org/10.53888/tazkirah.v2i1.748

Keywords:

hasil belajar, jigsaw

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam di wilayah Indonesiadengan mengimplementasikan model pembelajaran Jigsaw di kelas IV SD Negeri 1 Megang Sakti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Megang Sakti. Teknik pengumpulan data digunakan tes dan observasi. Analisis data digunakan analisis persentase dari perubahan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan data penelitian diperoleh hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 75% dengan rata-rata nilai sebesar 67. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus II sebesar 90% dengan rata-rata nilai 76,5. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 9,50 atau sebesar 15%. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Dengan mengimplementasikan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam di wilayah Indonesia di kelas IV SD Negeri 1 Megang Sakti Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas tahun pelajaran 2015/2016.

Downloads

Published

2025-02-14

How to Cite

Sudarsih, R. . (2025). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DI WILAYAH INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 1 MEGANG SAKTI. TAZKIRAH, 2(1), 20-35. https://doi.org/10.53888/tazkirah.v2i1.748
Abstract Views: 18 | File Views: 16