IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DI WILAYAH INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 1 MEGANG SAKTI
DOI:
https://doi.org/10.53888/tazkirah.v2i1.748Keywords:
hasil belajar, jigsawAbstract
Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam di wilayah Indonesiadengan mengimplementasikan model pembelajaran Jigsaw di kelas IV SD Negeri 1 Megang Sakti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Megang Sakti. Teknik pengumpulan data digunakan tes dan observasi. Analisis data digunakan analisis persentase dari perubahan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan data penelitian diperoleh hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 75% dengan rata-rata nilai sebesar 67. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus II sebesar 90% dengan rata-rata nilai 76,5. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 9,50 atau sebesar 15%. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Dengan mengimplementasikan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam di wilayah Indonesia di kelas IV SD Negeri 1 Megang Sakti Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas tahun pelajaran 2015/2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Tazkirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

