IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRS SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MAKNA SUMPAH PEMUDA DI KELAS III SD NEGERI MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.53888/tazkirah.v2i1.749Keywords:
hasil belajar, think pair share(TPS)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi makna sumpah pemuda di kelas III SD Negeri Mataram melalui implementasi model pembelajaran Think Pairs Share (TPS). Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Mataram . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pairs Share (TPS) jumlah siswa yang tuntas belajar pada Pra Siklus dengan nilai 65 ke atas sebanyak 6 orang siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 46%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 9 orang siswa ketuntasan klasikal sebesar 69%, kemudian peningkatan yang paling besar terlihat pada siklus II yaitu 12 orang siswa ketuntasan klasikal sebesar 92% telah mencapai ketuntasan hasil belajar. Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 23% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat di kesimpulan bahwa melalui implementasi model pembelajaran Think Pairs Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi makna sumpah pemuda di kelas III SD Negeri Mataram Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas tahun pelajaran 2015/2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Tazkirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

