UPAYA MENINGKATKAN S AKTIFITADAN HASIL BELAJAR PKn TENTANG PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB PADA SISWA KELAS V SDN MULYOSARI KECAMATAN MEGANG SAKTI
DOI:
https://doi.org/10.53888/tazkirah.v2i1.752Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, aktifitas belajar, Hasil Belajar Model Pembelajaran Round ClubAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri Mulyosari. Penenlitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V di SD Negeri Mulyosari yang berjumlah 16 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan prosentase keberhasilan peningkatan hasil belajar pada siklus 1 nilai rata-rata adalah 71,87 dengan ketuntasan klasikal 81,25%. Pada siklus 2 terjadi peningkatan, nilai ratarata menjadi 77,18 dengan ketuntasan klasikal 93,75%. Untuk aktifitas siswa siklus 1 pertemuan pertama 37,5% siswa aktif, pertemuan kedua 62,5% siswa aktif. Pada siklus II pertemuan pertama 87,5% siswa aktif dan pertemuan kedua 100% siswa aktif. Diakhir tindakan siklus II ternyata semua indikator keberhasilan yang disyaratkan dalam penelitian ini telah tercapai, yaitu ketuntasan klasikal 85%, dan keaktifan siswa 70%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa: Melalui Penerapan Model Pembelajaran Round Club dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar Siswa Kelas V SDN Mulyosari pada mata pelajaran PKn tentang peraturan perundang-undangan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Tazkirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

