IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERJASAMA ANTARA NEGARA-NEGAR ASIA TENGGARA DI KELAS VI SD NEGERI 2 SRIKATON
DOI:
https://doi.org/10.53888/tazkirah.v2i1.753Keywords:
:hasil belajar, snowball throwingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar hasil belajar siswa pada materi kerjasama negara-negara asia tenggara dengan mengimplementasikan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas VI SDN 2 Srikaton Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VI di SDN 2 Srikaton yang berjumlah 20 siswa, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan jumlah presentase keberhasilan peningkatan hasil belajar pada pra siklus pertemuan ke 1 nilai rata-rata adalah 63,75 dengan ketuntasan klasikal 40,00%. Pada siklus I nilai rata-rata 70,25 dengan ketuntasan klasikal 70,00%, sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata mendapat 80,25 dengan ketuntasan klasikal 100%. Diakhir tindakan siklus II ternyata semua indikator keberhasilan yang dinyatakan dalam penelitian ini telah tercapai, yaitu ketuntasan klasikal 75%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa melalui implementasi model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 2 Srikaton pada mata pelajaran PKn tentang kerja sama antara negaranegara Asia Tenggara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Tazkirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

