PERLUNYA REORIENTASI POSISI PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK

Authors

  • Agussalim Agussalim Universitas Islam Nusantara Al-Azhaar Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.53888/tazkirah.v2i2.758

Keywords:

Pedagogik sempit, pedagogik hitam, pedagogik kritis, pedagogi pemberdayaan, reorientasi, peserta didik, pendidik.

Abstract

Pendidikan pada hakekatnya merupakan suatu proses pemberdayaan yaitu membebaskan individu dari kungkungan suatu struktur kekuasaan yang terpusat, yang menginjak-nginjak hak asasi manusia, yang membangun suatu struktur kekuasaan yang hanya menguntungkan sekelompok kecil masyarakat yang menyengsarakan rakyat banyak. Oleh karena itu, keinginan untuk terus mempertahankan pedagogi dalam paradigma sempit harus dikaji ulang, dan sesegera mungkin dilakukan perubahan orientasi ke arah pedagogik kritis atau pedagogik pemberdayaan,Pedagogik kritis merupakan rekayasa pemikiran yang berupaya menyempurnakan pedagogik yang selama ini kita kenal sebagai pedagogik dalam paradigma sempit, yaitu pedagogik yang cenderung melihat persoalan pendidikan semata-mata sebagai masalahmasalah teknik di dalam kelas. Padahal pendidikan bukanlah sematamata pembelajaran, namun pendidikan sangat berkaitan pula dengan seluruh aspek kehidupan manusia di dalam masyarakat. Pendidikan bukan hanya sekedar membuat peserta didik pandai menghapal tetapi yang lebih penting ialah menjadikannya sebagai manusia, pendidikan merupakan proses memanusiakan manusia. Pendidikan adalah proses hominisasi dan proses humanisasi seseorang dalam kehidupan keluarga, masyarakat yang berbudaya kini dan masa depan. Oleh karena itu, perubahan paradigma ini pun tentu berimplikasi pada perlunya reposisi pendidik dan peserta didik dalam proses pendidikan dan pembelajaran.

Downloads

Published

2025-02-14

How to Cite

Agussalim, A. (2025). PERLUNYA REORIENTASI POSISI PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK. TAZKIRAH, 2(2), 178-190. https://doi.org/10.53888/tazkirah.v2i2.758
Abstract Views: 7 | File Views: 5