KONTRIBUSI KEGIATAN EKSTRAKURIKULERKEROHANIAN ISLAM (ROHIS) DALAM INTERNALISASI SIKAP KEAGAMAAN SISWA DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.53888/tazkirah.v3i1.764Keywords:
:Kegiatan Ekstrakurikuler, Rohis, Internalisasi, Sikap Keagamaan,Siswa Di SekolahAbstract
Lazim diketahui bahwa ada pandangan ketidakpuasan sebagian masyarakat berkenaan dengan efektivitas penyelenggaraan pendidikan Islam di sekolah yang diwaklili oleh mata pelajaran PAI di kelas. PAI pada pokoknya memang berorientasi pada pengajaran pendidikan agama Islam. Namun, pada prakteknya masih memiliki kendala-kendala di lapangan, misalnya minimnya jam/waktu yang dimiliki oleh guru PAI di kelas. oleh karena itu, sekolah dituntut untuk berinovasi dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler keagaaman di luar jam pelajaran. Salah satu kegiatan tersebut adalah Kerohanian Islam atau yang sering dikenal dengan ROHIS. Berdasarkan analisis penulis atas beberapa bacaaan dan penelitian tentang Rohis ini, penulis memandang bahwa Rohis dapat menjadi salah satu alternatif solutif bagi kekurangan PAI itu sendiri. Di antara kegiatan yang dimiliki Rohis, secara implisit maupun eksplisit berdampak kepada pembentukan sikap keagamaan siswa yang itu juga sebenarnya dalah tujuan dari pembelajaran PAI. Hal inilah yang mendorong penulis untuk mendeskripsikan Analisis hasil penelitian ini sebagai salah satu tawaran dari persoalan di atas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tazkirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

