UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI KERTOSARI KECAMATAN PURWODADI TAHUN AJARAN 2015 – 2016 DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS)
DOI:
https://doi.org/10.53888/tazkirah.v3i1.765Keywords:
Meningkatkan, Kemampuan Menulis, Pendekatan SAS.Abstract
Penelitian tindakan kelas ini didasarkan atas tinjauan proses dan hasil pembelajaran materi menulis permulaan siswa kelas I SD Negeri Kertosari Kecamatan Purwodadi, berkenaan dengan rendahnya hasil ketuntasan belajar siswa. Guru banyak menyampaikan teori tentang materi menulis permulaan dengan metode ceramah. Secara teoritis penggunaan metode SAS dapat meningkatkan kemampuan siswa. Tujuan penelitian penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa tentang menulis permulaan siswa kelas I SD Negeri Kertosari dengan menggunakan metode SAS. Pelaksanaan penelitian penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan pedoman penilaian proses dan penilaian hasil akademik pada materi menulis permulaan. Kriteria keberhasilan penelitian penelitian tindakan kelas ini dilihat dari adanya peningkatan proses dan hasil. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penelitian tindakan kelas materi menulis permulaan dengan penggunaan metode SAS terbukti meningkatkan kemampuan siswa kelas I SDN Kertosari Kecamatan Purwodadi Kabupaten Musi Rawas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tazkirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

