UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI HIDROSFER MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDE NOTE TALKING SISWA KELAS X.3 SMAN MUARA KELINGI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Keywords:
Geografi,Hidrosfer, Model Pembelajaran Guide Note Talking.Abstract
Penelitian tindakan kelas ini mencoba untuk mendalami, “Bagaimana Hasil Belajar Geografi pada Materi Hidrosfer Melalui Penerapan Model Pembelajaran Guide Note Talking Siswa Kelas X.3 SMAN Muara Kelingi Tahun Pelajaran 2015/2016. Dari hasil penelitian penulis dapat menarik kesimpulan, pertama model pembelajaran Guide Note Talking (GNT), dapat mengaktifkan belajar siswa kelas X.3 SMA Negeri Muara Kelingi. Disamping kegiatan pembelajaran menjadi aktif hasil belajarnya pun mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Jika pada siklus I siswa kelas X.3 SMA Negeri Muara Kelingi yang tuntas 20 orang atau dengan persentase 70%. Pada siklus ke II jumlah siswa kelas X.3 SMA Negeri Muara Kelingi yang tuntas adalah 32 orang dengan nilai persentase 97,50%. Kedua. Besarnya peningkatan hasil belajar siswa kelas X.3 SMA Negeri Muara Kelingi, setelah dilaksanakannya pratindakan sampai pada pelaksanaan siklus II adalah sebagai berikut: Pada pratindakan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 59,25 dan pada siklus I nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 75,76 Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 67,85. Bersarnya persentase peningkatan nilai rata-rata siswa dari pratindakan ke siklus I adalah 23,25%. Besarnya persentase peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I ke siklus II adalah 23,62%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tazkirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

