SINERGISITAS SEKOLAH, KELUARGA, DAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS AKHLAK SISWA DI SMP-IT AN-NIDA’ LUBUKLINGGAU
Keywords:
Akhlak siswa, keluarga, masyarakat, sekolah, SMP-IT An-Nida' Lubuklinggau.Abstract
Mengokohkan sinergisitas sekolah, keluarga dan masyarakat dalam meningkatkatkan kualitas akhlak siswa dalam konteks 5.0 merupakan jalan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, di tengah kondisi dunia digital yang mendapatkan momentum karena Covid 19. Hal itu disebabkan karena dekadensi akhlak dan moral yang semakin masif dengan berkebangnya pengguna gadget yang sangat siknifikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sinergisitas sekolah, keluarga dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas akhlak siswa di SMP-IT An-Nida' Lubuklinggau. Penelitian ini didesain secara kualitatif deskriptif. Pengumpulan data pada studi ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan, bahwa sinergisitas sekolah, keluarga dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas akhlak siswa di SMP-IT An-Nida' Lubuklinggau dilakukan dengan penerapan buku monitoring , yaitu mutaba'ah wajibat fardiyah harian siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu An-Nida' Kota Lubuklinggau yang wajib diisi oleh setiap siswa setiap hari menyangkut kegiatan harian yang dilakukan, baik dalam hubungan dengan kewajiban kepada Allah, orang tua dan lingkungan atau 968 969 masyarakat sekitar. Penelitian ini memberikan kontribusi tentang pentingnya penerapan buku monitoring dalam rangka ikut memaksimalkan akhlak siswa di rumah sebagai bentuk laporan siswa kepada guru di sekolah terhadap semua kegiatan yang telah dilakukan di rumah yang juga dalam pengawasan orang tua dan masyarakat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

