KONSEP MERDEKA BELAJAR PERSPEKTIF KI HAJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM
Keywords:
Merdeka Belajar, Ki Hajar Dewantara dan Pendidikan IslamAbstract
Tujuan peneltian ini untuk mengetahui konsep merdeka belajar perspektif Ki Hajar Dewantra dan Relavansinya terhadap pendidikan Islam, Jenis penelitian yang digunakan adalah studi Kepustakaan (Librany Research) Ppada tataran analitik dan bersifat perspektif yang mengkaji dan analisis data bersumber pustaka yang bersifat primer dan skunder terhadap permasalahn yang diteliti. Konsep merdeka belajar yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan empat kebijakan (1) USBN (2) UN (3) RPP satu lembar (4) PPDB Zonasi. Merdeka belajar dirancang untuk mengetahui minat siswa yang memiliki kebebasan dalam berpikir, memperoleh pengetahuan baru dan tidak ada paksaan dan guru dituntut untuk merencanakan atau merancang sistem pembelajaran yang berbasis project untuk meningkatkan dan mengembangkan kreativitas siswa sedangkan relevansinya dengan pendidikan Islam Pertama dalam konsep pendidikan nasional yang bersumber dari pemikiran Ki Hajar Dewantara yang masih dikembangakan dan diinternalisasikan baik pada kurikulum 2013 hingga merdeka belajar yang diselenggarakan oleh pendidikan umum maupun pendidikan Islam melaksanakan 18 nilai karakter. Kedua pelaksanaan pendidikan tidak hanya pemindahan pengetahuan (Transfer Of Knowledge).Ketiga sistem Among dan Pamong yang sejalan dengan konsep pendidikan Islam klasik dan modern yaitu Tabriyah, Ta’lim,Tadris,Ta’dib dan Tazkiyah. Keempat dalam membentuk karakter anak harus melibatkan (Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat). Keenam, sistem Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuru Handayani. Dalam pendidikan Islam, Nabi Muhammad SAW sebagai guru yang ideal yaitu Mudarris,Muzakki, Murabbi, Mu'addib dan Murshid dapat dipahami bahwa pamong memiliki tanggung jawab dihadapan kholik dan makhluk, selain berkewajiban mentransfer ilmu dan pengetahuan harus menanam,memupuk dan melestarikan nilai karakter pada dirinya dan siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tazkirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

