PERAN TPQ NURUL HIDAYAH DALAM MEMPERBAIKI BACAAN QUR’AN ANAK-ANAK DI KECAMATAN KARANG JAYA KABUPATEN MURATARA
Keywords:
Peran, TPQ Nurul Hidayah, Memperbaiki Bacaan QuranAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembelajaran alqur’an dimulai sejak masa kanak-kanak dan masih banyaknya ditemukan anak- anak yang belum mampu membaca al-qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan tpq nurul hidayah dalam mengajarkan al-qur’an dan untuk mengetahui peran tpq nurul hidayah dalam memperbaiki bacaan quran anak-anak di kelurahan karang jaya. Dari hasil pengabdian di tpq nurul hidayah diperoleh kesimpulan bahwa metode yang digunakan tpq nurul hidayah dalam mengajarkan al- qur’an di karang jaya adalah metode talaqqî, metode at-tibyan dan metode tilawati. Peran tpq nurul hidayah dalam memperbaiki bacaan quran anak-anak di kelurahan karang jaya adalah sebagai wadah baru dalam memperbaiki bacaan al-quran, dan juga memfasilitasi seluruh proses pelaksanaan kegiatan belajar al-qur’an yang bertujuan untuk memberikan pengertian dasar kepada santri tentang bagaimana tata cara membaca al-qur’an dengan baik dan benar agar dalam mempraktekannya para santri tidak melakukan kesalahan dalam membaca al-qur’an, tujuan dari pembelajaran tersebut adalah agar memberikan wawasan terhadap para santri supaya lebih baik lagi tentang penguasaan dalam membaca al- qur’an dan membangkitkan kesadaran yang dimiliki santri untuk dikembangkan supaya bisa menghafal al-qur’an.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tazkirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

