https://e-journal.uin-al-azhaar.ac.id/index.php/muhafadhah/issue/feed MUHAFADZAH 2025-01-03T15:46:26+07:00 Redaksi Muhafadzah muhafadzah@uin-al-azhaar.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Muhafadzah</strong>, merupakan Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam yang diterbitkan dua kali dalam tahun oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Nusantara Al-Azhaar Lubuklinggau . Jurnal ini fokus pada hasil penelitian dan artikel ilmiah yang terkait bidang bimbingan konseling, khususnya terkonsentrasi pada lembaga pendidikan Islam, namun tetap memberikan porsi terhadap isu-isu bimbingan konseling di masyarakat. Karya Ilmiah yang diterbitkan pada Jurnal Muhafadzah mencakup aspek bimbingan dan konseling yang didalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan, religius, agama dan sosial yang dapat memberikan pencerahan dan pembaharuan paradigma secara luas bagi masyarakat. Redaksi menerima karya ilmiah yang belum pernah di publikasikan di media cetak manapun baik secara online ataupun offline. Bagi peneliti dan penulis yang berminat mempublikasikan karya ilmiahnya silahkan melakukan regestrasi pada menu REGESTRASI di pojok kanan atas.</p> <p>Untuk melakukan konsultasi langsung dapat menghubungi <strong>085838501256</strong></p> <p>atau melalui e-mail resmi Redaksi Jurnal Muhafadzah :<strong>muhafadzah@uin-al-azhaar.ac.id</strong></p> https://e-journal.uin-al-azhaar.ac.id/index.php/muhafadhah/article/view/714 PERAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGATASI MASALAH BULLYING DI LINGKUNGAN SEKOLAH 2024-11-13T09:35:36+07:00 I.M. Fatimah Zahro imfatimahzahro@gmail.com Aiman Fikri aimanvbs@gmail.com Ermalinda Ermalinda ermalindabaihaki22@gmail.com <p><em>Bullying in schools is a serious issue that negatively impacts students' psychological and academic well-being. This study aims to explore the role of Islamic educational counseling in addressing bullying in schools through an approach based on Islamic values. Islamic educational counseling offers a method emphasizing moral ethics, compassion, justice, and respect among students. This qualitative study adopts a case study approach involving three schools in Indonesia. Data were collected through in-depth interviews with counselors, teachers, students, and parents, along with direct observations within the school environment. The findings reveal that Islamic educational counseling significantly reduces bullying cases through a values-based approach, social skills training, and parent involvement in the counseling process. Counseling programs integrated with character education based on Islamic values have proven effective in creating a safer and more harmonious school environment, as well as increasing students' awareness of the importance of mutual respect. In conclusion, Islamic educational counseling plays a crucial role in preventing and addressing bullying in schools.</em></p> <p><em>Bullying di sekolah merupakan masalah serius yang berdampak negatif terhadap kesejahteraan psikologis dan akademis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran konseling pendidikan Islam dalam mengatasi bullying di sekolah melalui pendekatan berbasis nilai-nilai Islam. Konseling pendidikan Islam menawarkan pendekatan yang menekankan pada etika moral, kasih sayang, keadilan, dan penghormatan antar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang melibatkan tiga sekolah di Indonesia. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan konselor, guru, siswa, dan orang tua, serta observasi langsung di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling pendidikan Islam dapat mengurangi kasus bullying secara signifikan melalui pendekatan berbasis nilai, pelatihan keterampilan sosial, dan keterlibatan orang tua dalam proses konseling. Program konseling yang terintegrasi dengan pendidikan karakter berbasis Islam terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan harmonis, serta meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya saling menghormati. Kesimpulannya, konseling pendidikan Islam memiliki peran penting dalam mencegah dan mengatasi bullying di sekolah.</em></p> 2024-12-19T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Muhafadzah https://e-journal.uin-al-azhaar.ac.id/index.php/muhafadhah/article/view/721 EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING EKOLOGIS DALAM MENGATASI JUVENILE DELINQUE (KENAKALAN REMAJA) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI SIMPANG KOSGORO 2024-11-16T10:06:38+07:00 Nur Handayani nurhandayani22012017@gmail.com <p><em>Salah satu&nbsp; fenomenologis yang kompleks pada kalangan peserta didik yaitu kenakalan remaja. Salah satu perilaku yang menyimpang dari norma dan sosial dan agama. Bukanlah hal yang krimoinologis, penyelesaiannya pun hendaklah dengan pendekatan pedagogis. Pihak yang memiliki peran kuat dalam hal ini selain keluarga adalah lingkungan sekolah terutama Guru BK. Guru BK disekolah dapat menerapkan salah satu pendekatan yang sesuai dengan kondisi sosial siswa. Lingkungan dan&nbsp; kondisi sosial lebih besar pengaruhnya terhadap perkembangan remaja/ siswa pada daerah tertentu. Pendekatan yang tepat pada layanan bimbingan konseling tersebut yaitu pendekatan ekologis. Pendekatan ekologis dapat diterapkan dengan melibatkan lingkungan, sosial dan budaya yang melekat pada masayarakat. Intervensi bimbingan dan konseling terhadap individu menggunakan cara yang edukatif. Konselor berperan sebagai Pshycoeducator yang memahami kompleksitas individu dan lingkungan interpersonal. Selain itu juga kontak personal siswa dan latar belakang kultural yang berbeda-beda, seperti ada budaya jawa, budaya sumatera selatan, dan budaya sumatera utara. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan layanan konseling ekologis dalam mengatasi juvenile delinque (kenakalan remaja) pada siswa kelas VII SMP Negeri Simpang Kosgoro. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner berupa checklist. Teknik analisis data menggunakan metode kualitatif dengan model Miles&amp;Huberman, sedangkan data kuantitatif dianalisis secara kuantitatif deskriptif yang diprosentasekan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya Pelaksanaan Layanan&nbsp; Konseling Ekologis Dalam Mengatasi Juvenile Delinque (Kenakalan Remaja) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Simpang Kosgoro sudah terlaksana sesuai dengan pendekatan unsur-unsur layanan ekologis. Proses dan keterlibatan konseling merupakan kolaborasi kerjasama dari pihak sekolah dan lingkungan. Guru BK di SMP Negeri Simpang Kosgoro melakukan upayanya sebagai berikut: Pemantauan Diri, Penguatan Positif, Kontrak atau Perjanjian, Saran dan Nasehat, Kunjungan Rumah, Ceramah kepada orang tua dan studi kasus. Namun&nbsp; pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Ekologis&nbsp; pada sekolah tersebut belum efektif. Perlu menambahkan pendekatan humanistik disertai teknik-tekniknya agar&nbsp; hasil layanan konseling sesuai dengan tujuan.</em></p> 2024-12-19T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Muhafadzah https://e-journal.uin-al-azhaar.ac.id/index.php/muhafadhah/article/view/723 BIMBINGAN ROHANI UNTUK PENGUATAN NILAI-NILAI KEISLAMAN MELALUI KEGIATAN SAYYIDUL AYYAM DI SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO 2024-11-21T11:21:58+07:00 Sintya Audina Syarif sintyasyarif7@gmail.com M. Ihda Aslami Atqo muhammadatqo780@gmail.com Alief Budiyono alieffbk13@gmail.com <p><em>This research aims to reveal the spiritual guidance in the form of Sayyidul Ayyam given to teenage students. The focus of the research is at Putra Harapan Middle School Boarding School, Purwokerto. This research uses a qualitative method with a descriptive approach in the form of revealing the current situation to be analyzed and interpreted from data obtained through observations and interviews with ustadz and ustadzah at Putra Harapan Middle School Boarding School, Purwokerto. The focus of this research is spiritual guidance to strengthen Islamic values </em><em>​​</em><em>through Sayyidul Ayyam activities at the Putra Harapan Middle School boarding school in Purwokerto. The results of the research found that the Sayyidul Ayyam activity which strengthened Islamic values </em><em>​​</em><em>was carried out in the following activities: First Friday reading Surah Al-Kahfi together in each class. Second Friday, do a health walk for all classes simultaneously. Third Friday, study the interpretation of Surah Al-Kahfi and also watch an educational film. Fourth Friday, holding Friday sharing with the community and traders around the school area. The fifth Friday is Friday of blessings, eating together.</em></p> <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bimbingan rohani berupa Sayyidul Ayyam yang diberikan kepada siswa-siswi usia remaja. Fokus penelitian berada di SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang berupa mengungkapkan keadaan yang terjadi saat ini untuk dianalisis dan diinterpretasikan dari data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara kepada </em><em>guru dan peserta didik</em><em> di SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto. Fokus penelitian ini adalah bimbingan rohani untuk penguatan nilai-nilai keislaman melalui kegiatan Sayyidul Ayyam di SMP boarding school putra harapan Purwokerto. Hasil penelitian menemukan bahwa kegiatan Sayyidul Ayyam dengan penguatan nilai-nilai keislaman dilakukan pada kegiatan: jumat pertama melakukan pembacaan surah al-kahfi bersama-sama pada masing-masing kelas. Jumat kedua, melakukan jalan sehat untuk semua kelas secara bersamaan. Jumat ketiga, melaksanakan kajian tafsir surah al-kahfi dan juga nonton film edukatif. Jumat keempat, mengadakan jumat berbagi kepada masyarakat dan pedagang sekitar lingkungan sekolah. Jumat kelima yakni jumat berkah, melakukan makan bersama.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> 2024-12-19T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Muhafadzah https://e-journal.uin-al-azhaar.ac.id/index.php/muhafadhah/article/view/761 PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM PENANGANAN NEGLECTED CHILD DI PANTI ASUHAN SITI KHADIJAH LUBUKLINGGAU: STUDI KASUS PADA KLIEN BERINISIAL SOH 2024-12-18T09:14:31+07:00 Bramana Nanditya Putra bramana_np@uin-al-azhaar.ac.id Rania Rania muhafadzah@uin-al-azhaar.ac.id Amalia Cahyatika muhafadzah@uin-al-azhaar.ac.id Tutik Purnamasari muhafadzah@uin-al-azhaar.ac.id <p><em>Special populations in foster care have unique characteristics that require different counseling approaches compared to the general population. Children in orphanages often face various psychological and social problems, such as loss of parents, trauma, low self-confidence, and limited access to emotional support. This article aims to explore effective counseling approaches and strategies to support the emotional and social development of children in orphanages. Using descriptive qualitative methods, this research identifies the importance of empathy-based counseling, group approaches, and involvement of the surrounding environment in building children's psychological well-being.</em></p> <p><em>Populasi khusus di panti asuhan memiliki karakteristik unik yang membutuhkan pendekatan konseling berbeda dibandingkan dengan populasi umum. Anak-anak di panti asuhan sering menghadapi berbagai permasalahan psikologis dan sosial, seperti kehilangan orang tua, trauma, rendahnya rasa percaya diri, dan keterbatasan akses ke dukungan emosional. Artikel ini bertujuan mengeksplorasi pendekatan dan strategi konseling yang efektif untuk mendukung perkembangan emosional dan sosial anak-anak di panti asuhan. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini mengidentifikasi pentingnya konseling berbasis empati, pendekatan kelompok, dan pelibatan lingkungan sekitar dalam membangun kesejahteraan psikologis anak-anak. </em></p> 2024-12-19T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Muhafadzah https://e-journal.uin-al-azhaar.ac.id/index.php/muhafadhah/article/view/777 ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN ORANG TUA DALAM MENITIPKAN ANAK BERDASARKAN FAKTOR EKONOMI DI PANTI ASUHAN SITI KHODIJAH 2025-01-03T15:46:26+07:00 Nailul Magfiroh nailulmagfiroh307@gmail.com Bramana Nanditya Putra bramana_np@uin-al-azhaar.ac.id Pania Agustina paniaagustina99@gmail.com Windy Tri Utami utamiwindy02@gmail.com Emi Hermiza emihermiza80@gmail.com <p><em>This study aims to analyze the role of economic factors in parents' decision-making to place their children in orphanages. This decision is often influenced by various factors, with economic factors being one of the dominant ones. The method used in this research is a qualitative approach with in-depth interviews involving children placed in orphanages, as well as data collection from orphanage administrators. The findings indicate that difficult economic conditions, such as low family income, unemployment, and limited access to education and healthcare services, significantly influence parents' decisions to send their children to orphanages. In addition to economic factors, social and psychological factors also contribute to these decisions. This study is expected to provide deeper insights into the economic impact on social decisions and help formulate policies that better support families in maintaining children's well-being.</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran faktor ekonomi dalam pengambilan keputusan orang tua untuk menempatkan anak mereka di panti asuhan. Keputusan ini sering kali dipengaruhi oleh berbagai faktor, dengan faktor ekonomi menjadi salah satu yang dominan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap anak yang dititipkan dipanti asuhan , serta pengumpulan data dari pihak pengelola panti asuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi ekonomi yang sulit, seperti rendahnya pendapatan keluarga, pengangguran, serta keterbatasan akses terhadap layanan pendidikan dan kesehatan, berperan signifikan dalam keputusan orang tua untuk mengirimkan anak mereka ke panti asuhan. Selain faktor ekonomi, faktor sosial dan psikologis juga turut mempengaruhi keputusan tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai pengaruh ekonomi terhadap keputusan sosial dan membantu merumuskan kebijakan yang lebih mendukung keluarga dalam menjaga kesejahteraan anak.</em></p> 2024-11-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Muhafadzah