UPAYA PENGEMBANGAN HASIL BELAJAR IPA MATERI RANGKAIAN LISTRIK PARALEL KELAS IX MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) SMP IT NURUL HUDA KEEROM-PAPUA
DOI:
https://doi.org/10.53888/tazkirah.v8i2.659Keywords:
Model Pembelajaran, Project Based LearningAbstract
Penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui Model Project Based Learning (PjBL) tersebut telah dilakukan pada siswa Kelas IX Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024 pada materi dalam pembelajaran IPA Rangkaian Listrik. Kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA Rangkaian Listrik dapat ditingkatkan melalui berbagai cara dengan penerapan pembelajaran PjBL ini. Project Based Learning atau pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu alternative pembelajaran yang bisa digunakan tidak hanya untuk menilai aspek kognitif, tetapi untuk kerja siswa. Tujuan PTK ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) mampu meningkatkan kreativitas siswa Kelas IX SMP IT Nurul Huda Keerom dalam pembelajaran IPA, dan menganalisis hasilnya. Hasil PTK ini menunjukkan bahwa Model Project Based Learning (Pjbl) dapat meningkatkan kreativitas siswa Kelas IX SMP IT Nurul Huda Keerom dalam pembelajaran IPA. Dengan PTK ini hasilnya terjadi peningkatan dan pencapaian hasil yang sangat baik, meliputi: 1) kemampuan berpikir kreatif dalam membuat Rangkaian Listrik dengan rata-rata nilai sebesar 80,50; 2) keterampilan berpikir luwes atau fleksibel dalam membuat Rangkaian Listrik dengan rataan sebesar 88,10. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk peneliti lain yang akan menerapkan model pembelajaran PjBL pada tema yang lain.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tazkirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

