UPAYA PENGEMBANGAN HASIL BELAJAR IPA MATERI RANGKAIAN LISTRIK PARALEL KELAS IX MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) SMP IT NURUL HUDA KEEROM-PAPUA

Authors

  • Padiyo Padiyo SMP IT Nurul Huda Kabupaten Keerom Papua

DOI:

https://doi.org/10.53888/tazkirah.v8i2.659

Keywords:

Model Pembelajaran, Project Based Learning

Abstract

Penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui Model Project Based Learning (PjBL) tersebut telah dilakukan pada siswa Kelas IX Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024 pada materi dalam pembelajaran IPA Rangkaian Listrik. Kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA Rangkaian Listrik dapat ditingkatkan melalui berbagai cara dengan penerapan pembelajaran PjBL ini. Project Based Learning atau pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu alternative pembelajaran yang bisa digunakan tidak hanya untuk menilai aspek kognitif, tetapi untuk kerja siswa. Tujuan PTK ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) mampu meningkatkan kreativitas siswa Kelas IX SMP IT Nurul Huda Keerom dalam pembelajaran IPA, dan menganalisis hasilnya. Hasil PTK ini menunjukkan bahwa Model Project Based Learning (Pjbl) dapat meningkatkan kreativitas siswa Kelas IX SMP IT Nurul Huda Keerom dalam pembelajaran IPA. Dengan PTK ini hasilnya terjadi peningkatan dan pencapaian hasil yang sangat baik, meliputi: 1) kemampuan berpikir kreatif dalam membuat Rangkaian Listrik dengan rata-rata nilai sebesar 80,50; 2) keterampilan berpikir luwes atau fleksibel dalam membuat Rangkaian Listrik dengan rataan sebesar 88,10. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk peneliti lain yang akan menerapkan model pembelajaran PjBL pada tema yang lain.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Padiyo, P. (2025). UPAYA PENGEMBANGAN HASIL BELAJAR IPA MATERI RANGKAIAN LISTRIK PARALEL KELAS IX MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) SMP IT NURUL HUDA KEEROM-PAPUA. TAZKIRAH, 8(2), 137-145. https://doi.org/10.53888/tazkirah.v8i2.659
Abstract Views: 301 | File Views: 124