IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA MI AS-SIDIQ JAYALOKA
DOI:
https://doi.org/10.53888/tazkirah.v7i1.490Keywords:
Media Yutube, Prestasi, Hasil BelajarAbstract
Budaya literasi masyarakat Indonesia masih sangat rendah dan memprihatinkan bila di bandingkan dengan negara lain. Aktivitas membaca dan menulis sekarang ini menjadi hal tabu bahkan pada anak-anak usia sekolah. Mereka tidak mau membaca dan menulis, modernisasi di bidang telekomunikasi dan informasi yang di buat oleh manusia untuk memudahkan pekerjaan manusia seakan-akan berubah teknologilah yang mengendalikan manusia itu sendiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dimana peneliti akan melihat secara langsung tentang bagaimana implementasi gerakan literasi sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa kelas di MI As-Sidiq Kecamatan Jayaloka. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis secara deskriptif kualitatif proses analisis dilakukan dengan menggunakan model kualitatif. Tujuan penelitian ini Untuk Mengetahui Pelaksanaan Pemanfaatan Media Youtube terhadap Peningkatan Prestasi dan Hasil Belajar Aqidah Siswa Kelas IV MIN 1 Empat Lawang Tahun Ajaran 2020/2021, Untuk Mengetahui Peningkatan Prestasi dan Hasil Belajar Aqidah Siswa Kelas IV MIN 1 Empat Lawang Tahun Ajaran 2020/2021 setelah dilaksanakan Pemanfaatan Media Youtube, Untuk Mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Media Youtube Terhadap Peningkatan Prestasi Dan Hasil Belajar Aqidah pada Siswa Kelas IV MIN 1 Empat Lawang Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian di gunakan adalah penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang berhubungan dengan angka-angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya. Hasil yang diperoleh dari koefisien korelasi antara variabel X (penggunaan media pembelajaran berbasis Youtube) dengan variabel Y (peningkatan prestasi dan Aqidah Akhlak pada siswa kelas IV MIN Empat Lawang) adalah 38i,97, sedangkan pada tabel adalah 0,396 dan 0,505 pada taraf interval 95% dan taraf kepercayaan 99 %. Jika melihat dari hasil tersebut di atas, maka koefisien korelasi lebih besar dari hasil pada tabel nilai r product moment (381,97>0,396 dan 0,505). Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “ada pengaruh dari penggunaan media Youtube terhadap peningkatan peningkatan prestasi dan hasil belajar Aqidah Akhlak pada siswa kelas IV MIN Empat Lawang” dapat diterima atau dapat dibuktikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tias Ayu Ningsih, Lilis Setiawati, Jefryadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

