IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA

Authors

  • Jefryadi Jefryadi Universitas Islam Nusantara Al-Azhaar Lubuklinggau
  • Lilis Setiawati Universitas Islam Nusantara Al-Azhaar Lubuklinggau
  • Rahma Aulia Universitas Islam Nusantara Al-Azhaar Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.53888/tazkirah.v9i1.693

Keywords:

Implementasi, kebijakan, Gerakan Literasi

Abstract

Pentingnya literasi dalam dunia pendidikan sebagai upaya membangun generasi bangsa agar memiliki budi pekerti yang baik. adapun peraturan pemerintah tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP) yaitu Permendikbud No.23 tahun 2015.Dalam hal ini tujuan kedepannya dengan adanya Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di MI Muhajirin dapat meningkatkan pemahaman membaca Siswa.  Penelitian ini merupakan bentuk penelitian kualitatif yang di laksanakan di MI Muhajirin Setia Marga. Adapun pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, Guru Kelas VI, dan Siswa. Sedangkan objek penelitian adalah siswa kelas VI. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) diwujudkan dengan program-program literasi seperti   membaca 15 menit sebelum belajar, pojok baca, sholat dhuha, dan hafalan surah-surah pendek. Adapun faktor pendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan pemahaman membaca kelas VI MI Muhajirin adalah minat baca siswa, motivasi dari guru dan keluarga, intelektual, keuletan, konsentrasi siswa. Sedangkan  faktor penghambatnya adalah kurangnya minat baca (Fisiologis), tidak ada perhatian dari keluarga, siswa kurang mengerti tanda baca, siswa kurang mengenal huruf, bunyi bahasa (Fonetik) dan bentuk kalimat, dan adanya perbedaan dialek siswa dengan pengucapan bahasa indonesia yang baku.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Jefryadi, J., Setiawati, L., & Aulia, R. (2025). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA. TAZKIRAH, 9(1), 1-6. https://doi.org/10.53888/tazkirah.v9i1.693
Abstract Views: 77 | File Views: 61