UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DI PAUD RIADINI TRIKARYA PURWODADI
DOI:
https://doi.org/10.53888/tazkirah.v7i1.495Keywords:
Bahasa Anak, MediaAbstract
Bahasa anak adalah sistem simbol lisan yang digunakan anak. Sistem tersebut digunakan anak berkomunikasi dengan orang lain yang mengacu pada bahasa tertentu, seperti bahasa indonesia, bahasa jawa, bahasa inggris. bahasa mencakup setiap sarana komunikasi dengan menyimbolkan pikiran dan perasaan untuk menyampaikan makna kepada orang lain. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui media buku cerita bergambar di paud riadini trikarya purwodadi. Penilitian ini merupakan jenis penilitian lapangan (field research) yang bersifat deskriftif analitik dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dalam penilitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penilitian ini, dapat disimpulkan bahwa Pada PAUD Riadini media buku bergambar untuk bercerita merupakan media pengembangan aspek anak dan alat untuk membantu proses guru dalam mengembangkan atau meningkatakan aspek perkembangan anak. Media dalam pengembangan mempunyai peranan yang penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Bagi orang tua dan guru pemahaman tentang perkembangan bahasa anak usia dini sangat diperlukan untuk membantu mereka dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak tersebut. Secara naluri anak memiliki potensi untuk berkomunikasi dengan lingkungan yang telah diwujudkan sejak lahir. Dan secara naluriah, anak memiliki potensi untuk berkomunikasi dengan lingkungan yang telah diwujudkan sejak lahir.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Khotijah, Sri Yanti, Muhammad Khudori

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

