PENERAPAN ADMINISTRASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AZHARYAH PALEMBANG

Authors

  • Azhar Azhar Universitas Bina Insan Lubuklinggau
  • Supriadi Supriadi Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.53888/tazkirah.v8i1.591

Keywords:

Aplikasi, Administrasi, Pendidikan Agama Islam, SMP Azharyah Palembang, Application, Administration, Islamic Religious Education, High School Azharia Palembang

Abstract

Administrasi Guru mempunyai peran yang sangat penting dari kegiatan proses belajar dan mengajar atau usaha untuk melayani mengarahkan dan mengatur semua kegiatan belajar dalam mencapai suatu tujuan, dalam suatu proses belajar mengajar administrasi dan guru tidak dapat di pisaha sebab administrasi merupakan kelengkapan yang menunjang proses keberhasilan didalam belajar mengajar sehingga tujuan proses belajar mengajar dapat maksimal. Dari pemikiran di atas yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini bagaimana administrasi guru pada mata pelajaran PAI di kelas XII IPA SMP Azharyah palembang dapat melakukan administras dengan baik dan berhasil. pada pendidikan agama kelas XII IPA berhubungan dengan kelengkapan administrasi guru dengan hasil belajar siswa kelas XII IPA mata pelajaaran PAI di SMP Azharyah Palembang adapun kelengkapan administarsai guru kelas XII IPA pada mata pelajaran PAI di SMP Azharyah palembang masuk dalam katagori sedang. Hal ini dapat dilihat pada besarnya katagori yang mencapai 97persen, Atau satu guru PAI memperoleh nilai sedang, ini bisa di cocokan dari hasil belajar siswa kelas 12 IPA padamata pelajan PAI di SMP Azharyah Palembang, sedangkan hasil belajar siswa kelas 12 IPA pada matapelajaran PAI di SMP Azharyah palembang masuk katagori sedang, ini dapat di lihat pada besarnya nilai yang di hasilkan siswa mencapai 68,8persen atau 17 siswa dari 29 siswa yang mendapat nilai belajar sedang. Hubungan Antara Administrasi Guru dengan Hasil Belajar siswa kelas XII IPA pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Azharyah palembang. Hal ini dapat di buktikan dari hasil penelitian yaitu : ( 9,488 < 23,30 > 13,227 ) sehingga hipotesis nihil (Ho) di tolak dan hipotesis (Ha) diterima. Berdasarkan dari keterangan tersebut, maka dalam penelitian ini dapat diberi kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan Antara Administrasi Guru dengan Hasil Belajar siswa kelas XII IPA pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Azharyah palembang.

Teacher administration has a very important role in teaching and learning process activities or efforts to serve, direct and regulate all learning activities in achieving a goal, in a teaching and learning process administration and teachers

 

cannot be separated because administration is a completeness that supports the process of success in learning. teaching so that the objectives of the teaching and learning process can be maximized. From the thoughts above, the problem in this study is how the administration of teachers in PAI subjects in class XII IPA SMP Azharyah palembang can do the administration well and successfully. on religious education class XII science related to the completeness of teacher administration with student learning outcomes in class XII science PAI subjects at SMP Azharyah Palembang as for the completeness of administarsai class XII science teachers in PAI subjects at SMP Azharyah palembang included in the medium category. This can be seen in the size of the category which reaches 97 percent, or one PAI teacher gets a moderate score, this can be matched from the learning outcomes of class 12 science students in PAI subjects at  SMP Azharyah Palembang, while the learning outcomes of students in class 12 science in PAI subjects at SMP Azharyah palembang is in the medium category, this can be seen in the amount of value generated by students reaching 68.8 percent or 17 students from 29 students who got moderate learning scores. The Relationship Between Teacher Administration and Learning Outcomes of Grade XII Science Students in Islamic Religious Education at SMP Azharyah Palembang. This can be proven from the results of the study, namely: (9,488 < 23,30 > 13,227) so that the null hypothesis (Ho) is rejected and the hypothesis (Ha) is accepted. Based on this information, in this study it can be concluded that there is a significant relationship between teacher administration and student learning outcomes for class XII science in Islamic Religious Education subjects at SMP Azharyah palembang.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Azhar, A., & Supriadi, S. (2025). PENERAPAN ADMINISTRASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AZHARYAH PALEMBANG. TAZKIRAH, 8(1), 9-22. https://doi.org/10.53888/tazkirah.v8i1.591
Abstract Views: 160 | File Views: 85