IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN DALAM EDUWISATA DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) MAMBA’US SHOLIHIN KABUPATEN REJANG LEBONG
Keywords:
Prinsip Manajemen, Eduwisata, Raudhatul Athfal, Pendidikan Anak Usia Dini, Kabupaten Rejang LebongAbstract
Raudhatul Athfal (RA) Mamba’us Sholihin di Kabupaten Rejang Lebong menerapkan konsep eduwisata untuk mendukung proses pembelajaran anak usia dini melalui pengalaman langsung di luar ruangan. Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan prinsip-prinsip manajemen dalam pelaksanaan program eduwisata di lembaga tersebut. Prinsip manajemen yang diterapkan mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, dan evaluasi untuk memastikan kegiatan berjalan efektif, efisien, dan memberikan dampak positif terhadap perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang melibatkan observasi, wawancara dengan staf pendidik, dan analisis dokumen kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip manajemen yang sistematis dan terencana dalam program eduwisata di Raudhatul Athfal (RA) Mamba’us Sholihin memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran anak-anak, mempererat hubungan antara sekolah dan orang tua, serta memperkenalkan anak-anak pada pengetahuan baru dengan cara yang menyenangkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tazkirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

