UPAYA MENGATASI ANAK HIPERAKTIF DENGAN METODE BERNYANYI LAGU-LAGU ISLAMI DI RA NUR HIDAYAH JAJARAN BARU 2 KECAMATAN MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS
DOI:
https://doi.org/10.53888/tazkirah.v9i1.708Keywords:
Lagu-lagu Islami, HiperaktifAbstract
Hiperaktif berarti memiliki peningkatan gerakan, tindakan impulsif, dan rentang perhatian yang lebih pendek, dan mudah terganggu. Perilaku hiperaktif biasanya mengacu pada aktivitas konstan, mudah terganggu, impulsif, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, agresivitas, dan perilaku serupa. Hiperaktif tidak mudah didefinisikan, hal ini sering tergantung pada pengamat. Perilaku yang tampak berlebihan bagi satu orang mungkin tidak tampak berlebihan bagi orang lain. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana upaya mengatasi anak hiperaktif dengan metode bernyanyi lagu-lagu Islami di RA Nur Hidayah Jajaran Baru 2 Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi upaya mengatasi anak hiperaktif dengan metode bernyanyi lagu-lagu Islami di RA Nur Hidayah Jajaran Baru 2 Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kulaitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan observasi dan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyaji data da penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa lagu-lagu Islami bisa membatu dalam penaganan anak hiperaktif melalui media musik atau audio visual. Ternyata dalam pembelajalajaran lagu-lagu Islami yang di muat dalam musik atau nyanyian juga menawarkan efek terapi khusus untuk anak-anak dengan hiperaktif. Buktinya menarik dan menarik meningkatkan minat. peningkatan minat dalam terapi musik untuk anak-anak dengan hiperaktif, dan hasilnya menjanjikan. Terapis musik umumnya bekerja dengan anak-anak yang usia prasekolah dan usia sekolah, dan berbagai terapi musik digunakan. Hampir di seluruh anak yang di terapisimerasa respons anak-anak terhadap terapi musik adalah positif, karena hal ini membuat anak hiperaktif membuat lebih fokus ketika pembelajaran. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhinya dapat disimpulkan bahwa Lagu-lagu Islami adalah bantuan yang kuat untuk anak yang menderita hiperaktif karena sangat bergantung pada waktu, dan waktu terganggu pada mereka dengan anak hiperaktif. Pada dasarnya, anak-anak normal dengan anak hiperaktif berjuang dengan sinkronisasi ritme secara fisik, mental dan sosial. Karena musik secara inheren menggunakan ritme, diyakini dapat meningkatkan fungsi bagi mereka yang berjuang untuk menemukan ritme karena anak hiperaktif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tazkirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

