PEMBELAJARAN MATEMATIKA AUD DALAM KEGIATAN BERMAIN MENYENANGKAN DAN BERMAKNA DI PAUD AL-AZHAAR LUBUKLINGGAU
Keywords:
Matematika AUD, Bermain, Menyenangkan dan BermaknaAbstract
Artikel ini membahas penelitian terkait implementasi pembelajaran matematika di PAUD Al-Azhaar sebagai alternatif solusi terhadap maraknya pendekatan pembelajaran matematika bagi anak usia dini yang menekankan pada penguasaan materi berhitung dan operasi bilangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus yang dilaksanakan di PAUD Al-Azhaar. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara yang kemudian dianalisis melalui pendekatan kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi pembelajaran matematika dalam kegiatan bermain menyenangkan dan bermakna seperti fun cooking, pola gerak berirama, kegiatan berkebun. Pembelajaran matematika dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran matematika yang dapat dilaksanakan pada jenjang PAUD. Pendidik dan para praktisi dalam pendidikan anak usia dini hendaknya mampu mempertimbangkan secara matang/ terkait proses pembelajaran matematika yang akan diberikan pada anak. Pembelajaran matematika yang menyenangkan dan bermakna dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, dan yang terpenting adalah mampu memberikan kontribusi yang besar dalam peningkatan kemampuan matematis yang dimiliki oleh anak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tazkirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

