IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB DI KELAS VIII MTS AL-HUDA P1 MARDIHARJO
Keywords:
Model pembelajaran, talking stick, media gambar, Bahasa arabAbstract
Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap dan satuan jenjang pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, antara lain melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kompetensi guru, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan dan peningkatan mutu manajemen pendidikan. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi model pembelajaran Talking Stick menggunakan media gambar pada keterampilan berbicara bahasa Arab di kelas VIII MTs Al-Huda P1 Mardiharjo? Dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model pembelajaran Talking Stick menggunaka nmedia gambar pada keterampilan berbicarabahasa Arab di kelas VIII MTs Al-Huda P1 Mardiharjo? Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyan yaitu bagaimana implementasi model pembelajaran Talking Stick menggunakan media gambar pada keterampilan berbicara bahasa Arab di kelas VIII MTs Al-Huda P1 Mardiharjo dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model pembelajaranTalking Stick menggunakan media gambar pada keterampilan berbicara bahasa Arab di kelas VIII MTs Al-Huda P1 Mardiharjo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan Pendekatan deskristif, metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah observasi, wawancara dan dekumentasi. Yang melibatkan semua unsur yang ada di lingkungan sekoalh MTs Al-Huda P1 Mardiharjo yaitu, kepala sekolah, guru bahasa Arab dan siswa kelas VIII. Dari hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa implementasi model pembelajaran Talking Stick menggunakan media gambar pada keterampilan berbicara bahasa Arab di kelas VIII MTs Al-Huda P1 Mardiharjo sudah sangat baik. Kepala sekolah yang berperan sebagai pemimpin yang mengayomi, mengajak, dan menuntun guru dan siswa dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab. Guru yang berperan sebagai pendidik serta siswa adalah tempat pentransferan ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tazkirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

