ANALISIS PENURUNAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM (GLOSSOPHOBIA) PADA SISWA MELALUI TADARUS DAN HIFZH AL-QUR'AN SEBAGAI TEKNIK KONSELING KELOMPOK

Authors

  • Pandy Akbar Wirawan Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Hartini Hartini Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Syamsul Rizal Institut Agama Islam Negeri Curup

Abstract

Glossophobia (kecemasan berbicara di depan umum) adalah fobia global yang menghambat potensi siswa, sehingga intervensi yang efektif sangat dibutuhkan. Penelitian kualitatif ini bertujuan menganalisis penurunan kecemasan tersebut dengan menggunakan teknik Konseling Kelompok Tadarus dan Hifzh Al-Qur'an pada siswa Tahfizh di SMPIT Rabbi Radhiyya, melalui observasi partisipatif dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas Tadarus dan Setoran Al-Qur'an efektif sebagai intervensi psikospiritual holistik. Analisis ini dicapai karena Tadarus mengaktifkan sistem parasimpatis melalui pernapasan diafragmatik yang teratur (tajwid), meredakan gejala fisik kecemasan ; sementara rutinitas setoran Hifzh berfungsi sebagai Desensitisasi Sistematis (paparan berulang) yang melatih pengendalian perhatian dan mereduksi stage fright. Kesuksesan ini diperkuat secara spiritual dengan pencapaian Sakīnah (ketenangan batin) dan penguatan Tawakkal, yang menggantikan ketakutan akan penilaian manusia dengan keyakinan Ilahi. Dengan demikian, penelitian ini memperkuat teori-teori psikologi terdahulu sambil memberikan temuan baru bahwa spiritualitas Islam adalah variabel intervensi inti yang transformatif.

Downloads

Published

2025-12-17

How to Cite

Wirawan, P. A., Hartini, H., & Rizal, S. (2025). ANALISIS PENURUNAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM (GLOSSOPHOBIA) PADA SISWA MELALUI TADARUS DAN HIFZH AL-QUR’AN SEBAGAI TEKNIK KONSELING KELOMPOK. TAZKIRAH, 7(1), 47-60. Retrieved from http://e-journal.uin-al-azhaar.ac.id/index.php/tazkiroh/article/view/948
Abstract Views: 10 | File Views: 4