Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Animasi Islami Nussa dan Rara New Series
DOI:
https://doi.org/10.53888/teknoaulama.v2i1.888Keywords:
Nussa dan Rara New Series, Pendidikan Akhlak, Anak Usia DiniAbstract
Film animasi Nussa dan Rara dirancang khusus untuk anak usia dini, menggambarkan kisah sehari-hari kakak beradik Nussa dan Rara. Film ini sangat tepat ditonton oleh anak-anak karena mengandung nilai-nilai edukatif yang mengarahkan pada ajaran agama Islam, pesan moral, dan motivasi hidup. Dengan demikian, film ini berpotensi menjadi media pembelajaran yang efektif dalam menanamkan akhlak mulia, membentuk karakter positif, serta mengembangkan kecerdasan emosional anak usia dini. Mengingat pentingnya hal tersebut, penelitian yang lebih mendalam tentang film Nussa dan Rara, khususnya pada seri terbaru (New Series), menjadi sangat diperlukan. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka (library research) dengan fokus pada lima episode film Nussa dan Rara New Series, yaitu: Adab Menasehati, Jangan Menuduh, Teman Spesial Rara, Jangan Tidur Setelah Subuh, dan Nurut Sama Abbah. Analisis menunjukkan bahwa film ini memuat berbagai nilai pendidikan akhlak yang terbagi ke dalam empat kategori utama. Pertama, nilai akhlak dalam hubungan dengan Allah, seperti mengucapkan Alhamdulillah, Astagfirullah, Masyaallah, Bismillah, Assalamualaikum, Insyaallah, dan Qadarullah. Kedua, nilai akhlak dalam hubungan dengan Rasul, antara lain adab dalam menasihati, larangan berprasangka buruk, dan anjuran tidak tidur setelah subuh. Ketiga, nilai akhlak yang berkaitan dengan diri sendiri, seperti mengakui kesalahan dan sikap sabar. Keempat, nilai akhlak dalam hubungan sosial, meliputi tolong-menolong, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, serta membantu meringankan pekerjaan Abbah.
References
Akifah, N., & Adami, F. (2025). Akhlak, Moral dan Etika Perspektif Islam. At-Tazakki, 9(1), 27–40. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/attazakki/article/view/23975/0
Bayhaqi, A. M., Ramadhan, A. A., & Rohman, F. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Untuk Membentuk Akhlak Mahmudah. RISDA: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 4(1), 50–60.
Indah Herawati. (2023). Penerapan Media Visual Untuk Memudahkan Pembelajaran Anak Usia Dini. Pernik Jurnal PAUD, 6(2), 83–87. https://doi.org/10.31851/pernik.v6i2.13672
Langga, F. H., Ahmad, H. A., & Mansoor, A. Z. (2020). Representasi Islami dalam animasi “Nussa” sebagai media pembelajaran untuk anak. Rekam, 16(2), 125–133. https://doi.org/10.24821/rekam.v16i2.3612
Sagala, R. (2024). Integrasi nilai-nilai Akidah dan Akhlak dalam Islam. AE Publishing
Sari, D. E. W., & Darraz, M. A. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Animasi Nussa dan Rara Serta Relevansinya terhadap Pendidikan Anak. Journal of Education Research, 5(1), 537–544. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.860
Suhartono, & Yulieta, N. R. (2019). Pendidikan Akhlak Anak Di Era Digital. AT-TUROTS: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 36–53.
Sukaenah, L., Sukmana, E., & Royani, N. (2024). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa indonesia materi teks bacaan untuk meningkatkan minat baca dan hasil belajar siswa pada siswa kelas iii di sdn maruyung ii. Sebelas April Elementary Education (SAEE), 3(2), 275–281.
Wahyuni, L. T. (2022). ANALISIS NILAI - NILAI MORAL ANAK USIA DINI DALAM FILM NUSSA DAN RARA. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini, 1(2), 99–109.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 TEKNO AULAMA: Jurnal Teknologi Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

