Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Animasi Islami Nussa dan Rara New Series

Authors

  • Achmad Fadlan Universitas Islam negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nurmalia Universitas Islam negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Sintia Besti Universitas Islam negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.53888/teknoaulama.v2i1.888

Keywords:

Nussa dan Rara New Series, Pendidikan Akhlak, Anak Usia Dini

Abstract

Film animasi Nussa dan Rara dirancang khusus untuk anak usia dini, menggambarkan kisah sehari-hari kakak beradik Nussa dan Rara. Film ini sangat tepat ditonton oleh anak-anak karena mengandung nilai-nilai edukatif yang mengarahkan pada ajaran agama Islam, pesan moral, dan motivasi hidup. Dengan demikian, film ini berpotensi menjadi media pembelajaran yang efektif dalam menanamkan akhlak mulia, membentuk karakter positif, serta mengembangkan kecerdasan emosional anak usia dini. Mengingat pentingnya hal tersebut, penelitian yang lebih mendalam tentang film Nussa dan Rara, khususnya pada seri terbaru (New Series), menjadi sangat diperlukan. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka (library research) dengan fokus pada lima episode film Nussa dan Rara New Series, yaitu: Adab Menasehati, Jangan Menuduh, Teman Spesial Rara, Jangan Tidur Setelah Subuh, dan Nurut Sama Abbah. Analisis menunjukkan bahwa film ini memuat berbagai nilai pendidikan akhlak yang terbagi ke dalam empat kategori utama. Pertama, nilai akhlak dalam hubungan dengan Allah, seperti mengucapkan Alhamdulillah, Astagfirullah, Masyaallah, Bismillah, Assalamualaikum, Insyaallah, dan Qadarullah. Kedua, nilai akhlak dalam hubungan dengan Rasul, antara lain adab dalam menasihati, larangan berprasangka buruk, dan anjuran tidak tidur setelah subuh. Ketiga, nilai akhlak yang berkaitan dengan diri sendiri, seperti mengakui kesalahan dan sikap sabar. Keempat, nilai akhlak dalam hubungan sosial, meliputi tolong-menolong, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, serta membantu meringankan pekerjaan Abbah.

References

Akifah, N., & Adami, F. (2025). Akhlak, Moral dan Etika Perspektif Islam. At-Tazakki, 9(1), 27–40. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/attazakki/article/view/23975/0

Bayhaqi, A. M., Ramadhan, A. A., & Rohman, F. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Untuk Membentuk Akhlak Mahmudah. RISDA: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 4(1), 50–60.

Indah Herawati. (2023). Penerapan Media Visual Untuk Memudahkan Pembelajaran Anak Usia Dini. Pernik Jurnal PAUD, 6(2), 83–87. https://doi.org/10.31851/pernik.v6i2.13672

Langga, F. H., Ahmad, H. A., & Mansoor, A. Z. (2020). Representasi Islami dalam animasi “Nussa” sebagai media pembelajaran untuk anak. Rekam, 16(2), 125–133. https://doi.org/10.24821/rekam.v16i2.3612

Sagala, R. (2024). Integrasi nilai-nilai Akidah dan Akhlak dalam Islam. AE Publishing

Sari, D. E. W., & Darraz, M. A. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Animasi Nussa dan Rara Serta Relevansinya terhadap Pendidikan Anak. Journal of Education Research, 5(1), 537–544. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.860

Suhartono, & Yulieta, N. R. (2019). Pendidikan Akhlak Anak Di Era Digital. AT-TUROTS: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 36–53.

Sukaenah, L., Sukmana, E., & Royani, N. (2024). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa indonesia materi teks bacaan untuk meningkatkan minat baca dan hasil belajar siswa pada siswa kelas iii di sdn maruyung ii. Sebelas April Elementary Education (SAEE), 3(2), 275–281.

Wahyuni, L. T. (2022). ANALISIS NILAI - NILAI MORAL ANAK USIA DINI DALAM FILM NUSSA DAN RARA. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini, 1(2), 99–109.

Published

2025-09-02

How to Cite

Achmad Fadlan, Nurmalia, & Sintia Besti. (2025). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Animasi Islami Nussa dan Rara New Series. Tekno Aulama: Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 2(1), 15-24. https://doi.org/10.53888/teknoaulama.v2i1.888
Abstract Views: 21 | File Views: 7