Strategi Pendidikan Karakter Melalui Program Bina Pribadi Islami di SMP IT An-Nida’ Lubuklinggau
DOI:
https://doi.org/10.53888/teknoaulama.v2i1.894Keywords:
Program Bina Pribadi Islami, Karakter peserta didikAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi pendidikan karakter melalui program Bina Pribadi Islami (BPI) dalam membentuk pribadi peserta didik. Pendekatan penelitian adalah penelitian kulitatif. Persfektif penelitian yang digunakan yaitu fenomelogi yang mengkaji mengenai bagaimana penerapan Program Bina Pribadi Islami (BPI). Konsep pupouseful sampling digunakan dalam penelitian kualitatif di mana peneliti memilih individu dan lokasi penelitian guna sebuah studi sebab pilihan tersebut bisa memberikan informasi untuk menjawab permasalahan peneliti. Sampel dan peserta penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala coordinator BPI dan guru BPI. Pengambilan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP IT An-Nida’ Lubuklinggau telah melakukan strategi pembentukkan karakter kepada peserta didik dengan membuat program pembiasaan dan keteladanan hal ini merupakan suatu pembinaan karakter yang baik agar peserta didik lebih religius dan selalu menerapkan kedisiplinan. SMP IT An-Nida’ Lubuklinggau menerapkan pendidikan karakter berdasarkan pembiasaan yang baik. Mulai dari datang sekolah sampai pulang sekolah bahkan saat dirumahpun masih diterapkan. Program Bina Pribadi Islami melakukan evaluasi dari kegiatan peserta didik sehari-hari mulai dari ibadahnya, sikapnya dan kegiatan lainnya yang telah diterima oleh peserta didik dari hasil kegiatan BPI.
References
Dalmeri. 2014. “Kata Kunci: Pendidikan karakter, karakter baik, moral, pengem- bangan karakter 269.” Al Ulum 14(1):271.
Iskandar. 2009. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.
Lestari, Sri, Yayuk dan Prasetio. 2021. Buku Pembina Bina Pribadi Islami Tingkat Dasar. Jakarta: JSIT Publisher.
Ridho, Rasyid, Acmad. 2019. Manajemen Operasional Bina Pribadi Islami. Surakarta: Tim BPI JSIT Indonesia.
Sebani, Afifuddin. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Sugiono. 2014. Metodelogi Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Suyatno. 2013. “Sekolah Islam Terpadu: Geneologi dan Sistem Pendidikan.” UIN Sunan Klijaga.
Zuriah, Nurul. 2009. Metodelogi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 TEKNO AULAMA: Jurnal Teknologi Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

