MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTICPADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)

Authors

  • Meilida Eka Sari Seketaris Prodi PGMI IAI Al- Azhaar Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.53888/tazkirah.v2i1.747

Keywords:

Model Pembelajaran, Matematika Realistic, MI

Abstract

Matematika sebagai salah satu ilmu dasar, baik dalam aspek terapan maupun aspek penalaran, mempunyai peranan yang penting dalam upaya penguasaan ilmu dan teknologi. Indikasi pentingnya matematika dapat dilihat daripembelajaran matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang diberikan di setiap jenjang pendidikan terutama salah satunya pada pembelajaran matematika Madrasah Ibtidaiyah (MI). Siswa perlu diberi kesempatan agar dapat mengkontruksi dan menghasilkan matematika dengan cara dan bahasa mereka sendiri melalui guru sebagai mediator pembelajaran, dengan optimalisasi pengetahuan siswa dari objek lingkungan sekitar memunculkan adanya pembelajaran matematika yang bersifat nyata yang disebut Realistic Mathematics Education. Realistic Mathematics Education di Indonesia lebih dikenal sebagai Pendekatan Matematika Realistik.

Downloads

Published

2025-02-14

How to Cite

Eka Sari, M. . (2025). MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTICPADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI). TAZKIRAH, 2(1), 8-19. https://doi.org/10.53888/tazkirah.v2i1.747
Abstract Views: 9 | File Views: 5