UPAYA MENGATASI ANAK HIPERAKTIF DENGAN METODE BERMAIN RABA-RABA DI RA AL-HASANAH DESA MUARA MEGANG
Keywords:
: Hiperaktif, Bermain, Raba-raba.Abstract
Mendidik anak yang mempunyai sikap yang hiperaktif sangat membutuhkan tenaga dan pemikiran yang cukup ekstra, dan harus mempunyai strategi khusus. Dalam hal ini peneliti mengangkat judul Upaya Mengatasi Anak Hiperaktif Dengan Metode Bermain Raba-Raba Di Ra Al-Hasanah Desa Muara Megang. Jenis penelitian Kualitatif lapangan, menggunakan metode observasi lapangan guna untuk memperoleh data tentang Upaya Mengatasi Anak Hiperaktif Dengan Metode Bermain Raba-Raba Di Ra Al-Hasanah Desa Muara Megang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam upaya mengatasi anak yang hiperaktif di RA Al-Hasanah Desa Muara Megang ini mereka melakukan beberapa kebijakan yaitu : (a). Antar kepala sekolah telah sepakat untuk membedakan antara siswa/siswi yang hiperaktif dan tidak hiperaktif mereka menggunakan metode observasi tingkah laku setiap anak., (b). Dari observasi terhadap prilaku anak-anak tersebut pihak RA Al-Hasanah menyimpulkan bahwa terdapat 5 orang siswa/siswi yang dikategorikan sebagai anak yang hiperaktif., (c). Melakukan tidakan lanjutan yaitu memberikan perhatian khusus pada anak tesebut untuk mendekatkan anak pada guru-guru secara psikologis., (d). Dalam mendidik siswa/siswi tersebut secara garis besar menggunakan metode bermain khusus yaitu permainan raba-raba. Faktor-faktor yang mempengaruhi upaya mengatasi anak yang hiperaktif dengan permainan laba-laba Di RA Al-Hasanah Desa Muara Megang ini terdiri dari dua macam faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat, diantaranya sebagai berikut: (a). Faktor pendukung (Metode permainan raba-raba yang cukup mendukung, Kebijakan kepala sekolah supaya guru memberikan perhatian khusus, Adanya kerjasama antar guru ra alhasanah desa muara megang, Bimbingan orang tua di rumah), (b) Faktor penghambat (Rasa malas untuk bermain pada siswa, Cuaca yang kurang pas, Keluarga yang kurang harmonis, Pengaruh buruk lingkungan masyarakat).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tazkirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

