RDAYAAN GURU DAN DOSEN SEBAGAI TENAGA PENDIDIK PROFESIONAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Authors

  • Reni Marlena Dosen Tetap Fakultas Tarbiyah IAI Al-Azhaar Lubuklinggau

Keywords:

Pemberdayaan, Guru, Dosen, Pendidik, Profesional, Islam

Abstract

Pendidikan di era reformasi menghadapi dua tuntutan. Pertama adalah tuntutan masyarakat terhadap mutu pendidikan yang rendah dan belum relevan dengan perkembangan masyarakat. Kedua, problem dalam meningkatkan kualitas manusia sebagai sumber daya yang berkualitas dan profesional. Posisi guru dan dosen merupakan hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Selama ini peran guru dan dosen diperlakukan kurang taat asa dalam arti dinyatakan sebagai sosok yang sangat penting, namun tanpa disertai kesediaan untuk menghargai mereka sebagaimana mestinya. Bidang pengajaran merupakan salah satu bagian yang integral dari sistem pendidikan di sekolah maupun di perguruan tinggi yang menjadi tanggung jawab guru dan dosen. Mengingat pentingnya peranan tersebut, berbagai upaya dilaksanakan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), organisasi, profesi, departemen terkait dan lembaga pendidikan lainnya. Namun kenyataanya di lapangan menunjukkan masih banyak guru yang hanya sekedar mengajar apa adanya. Banyak guru yang kurang minat bacanya, kurang adanya motivasi untuk meningkatkan kompetensi untuk meningkatkan keprofesionalannya. Di samping itu, diklat-diklat, seminar-seminar, dan kegiatan pengembangan profesi guru lainnya terlihat kurang efektif dalam meningkatkan Jurnal Tazkirah: Transformai Ilmu-ilmu Keislaman | 982 kualitas pendidikan. Kondisi ini merupakan salah satu penyebab rendahnya kualitas pendidikan.

Downloads

Published

2025-02-14

How to Cite

Marlena, R. (2025). RDAYAAN GURU DAN DOSEN SEBAGAI TENAGA PENDIDIK PROFESIONAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM. TAZKIRAH, 3(2), 234-253. Retrieved from http://e-journal.uin-al-azhaar.ac.id/index.php/tazkiroh/article/view/795
Abstract Views: 21 | File Views: 21