ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT PSIKOLOGI ISLAMI
DOI:
https://doi.org/10.53888/tazkirah.v8i1.593Keywords:
Pendidikan Islam, Pendidikan, dan Anak Usia DiniAbstract
Hubungan antara pendidikan anak usia dini terkait dengan Pendidikan Islam dan perspektif Psikologi Islam. Pembahasan artikel ini berbentuk teoritis mengkaji dan diharapkan menghasilkan referensi ilmiah untuk merumuskan penjelasan dan perkembangan ilmu pengetahuan tentang Pendidikan Anak Usia Dini Islam menurut Islam Psikologi. Pendidikan Agama Islam kepada anak usia dini sebagai peserta didik, tidak hanya berlandaskan pada prinsip-prinsip Psikologi Pendidikan barat dan Psikologi Pembelajaran (Psikologi Belajar dan Mengajar) dari teori ilmuwan Barat, tetapi harus berdasarkan Islam nilai dan konsep juga. Dengan menerapkan konsep internalisasi Pendidikan Islam ke dalam psikofisiologis anak usia dini akan tercapai. Menurut integrasi prinsip-prinsip sains dan Islam melalui 5 Pengembangan Strategis Pendidikan Islam Anak Usia Dini Berbasis Prinsip Psikologi Islam yaitu, 1) membangkitkan kesadaran diri peserta didik tentang Islam, 2) melibatkan pendidikan lingkungan ke dalam kegiatan pembelajaran, 3) memahami perkembangan usia anak dengan metode bermain, 4) menggunakan teknik yang menarik bagi anak usia dini, 5) mengarahkan anak untuk mengembangkan potensi unik mereka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

