METODE BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN SHOLAT DHUHA PADA ANAK HIPERAKTIF DI MTs NURUL FATAH REJANG LEBONG

Penulis

  • Susi Elawati Pascasarjana IAIN Curup
  • Hasep Putra Pascasarjana IAIN Curup
  • Emmi Kholilah Harahap Pascasarjana IAIN Curup

DOI:

https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v4i1.640

Kata Kunci:

Metode Bimbingan dan Konseling Islami, Kedisiplinan, Sholat Dhuha dan Anak Hiperaktif.

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan karakteristik anak hiperaktif dan menganalisis metode bimbingan dan konseling Islam dalam menanamkan kedisiplinan shalat dhuha pada anak hiperaktif di MTs Nurul Fatah Rejang Lebong. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru serta anak hiperaktif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama anak hiperaktif memiliki problem kedisiplinan dalam melaksanakan shalat dhuha berjamaah. Kedua, metode bimbingan dan konseling Islam yang digunakan untuk menanamkan kedisiplian shalat dhuha bagi anak hiperaktif terdiri dari empat metode yaitu metode pembiasaan, metode tauladan, metode nasehat (motivasi), dan metode pengawasan ketika shalat dhuha berjamaah berlangsung.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-02

Cara Mengutip

Elawati, S., Putra, H., & Harahap, E. K. (2024). METODE BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN SHOLAT DHUHA PADA ANAK HIPERAKTIF DI MTs NURUL FATAH REJANG LEBONG. MUHAFADZAH, 4(1), 11-21. https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v4i1.640
Abstract Views: 129 | File Views: 155