PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI I RANTAU PANJANG KABUPATEN MUSI BANYUASIN
DOI:
https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v4i1.671Keywords:
Pembelajaran, Kooperatif make a match, Keaktifan belajar, model pembelajaran, Learning, Cooperative make a match, Active learning, learning modelAbstract
This research discusses how to apply the make a match type cooperative learning model to Islamic religious education learning in class V of SD Negeri I Rantau Panjang and how active the students are in learning. This type of research is qualitative research with research data sources being PAI teachers and students. Data collection methods use observation, interviews and documentation. The results of the research show that PAI teachers in class V of SD Negeri I Rantau Panjang have implemented the make a match type cooperative learning model according to the steps. The application of this learning model has succeeded in increasing student learning activity, as can be seen from the active involvement of students in the learning process
Penelitian ini membahas bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas V SD Negeri I Rantau Panjang dan bagaimana keaktifan belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data penelitian adalah guru PAI dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di kelas V SD Negeri I Rantau Panjang sudah menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe make a match sesuai dengan langkah-langkahnya. Penerapan model pembelajaran ini berhasil meningkatkan keaktifan belajar siswa, terlihat dari keterlibatan siswa secara aktif dalam prosen pembelajaran
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhafadzah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

